Singing Hatsune Miku

Perkembangan Unity 3D Game Engine Dalam Dunia Industri

| Senin, 14 Maret 2016

UNITY 3D GAME ENGINE


Baiklah kawan Blogger, kali ini saya akan membahas tentang Perkembangan dan Manfaat Unity 3D Game Engine dalam dunia Industri, industri game lebih tepatnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Unity 3D Game Engine adalah sebuah software yang digukan untuk membuat suatu game, baik game PC maupun Console, seperti Nintendo Wii, Play Station, Android, iOS, dan XBOX. Wow, hebat bukan. Unity 3D sendiri adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Software ini pun sudah banyak digunakan oleh Developer game diberbagai dunia. Baiklah langusng saja kita bahas perkembangan Unity Game Engine dari dulu hingga sekarang, cekidot!!
  

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN UNITY 3D 

      
         Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark. Mereka semua mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru karena game perdana mereka, yaitu GooBall gagal lagi dalam meraih sukses, mereka menyadari bahwa nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk membuat sebuah engine yang dapat digunakan oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies pun mendapat bantuan dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, dan iGlobe Partners.

          Kesuksesan Unity terletak pada fokus mereka untuk memenuhi kebutuhan para Developer yang tidak dapat membangun game engine mereka sendiri atau membelli lisensi game engine yang terlalu mahal, dan perusahaan Unity juga memiliki fokus semua orang dapat menggunakan/membuat game baik 2D ataupun 3D mereka sendiri, sangat hebat bukan *^*)b.

          Pada tahun 2008, disaat kebangkitan iPhone, Unity melihat kesempatan yang bagus untuk peruhaannya dengan menjadi game engine pertama yang melakukan dukungan penuh pada platform tersebut. Alhasil sekarang Unity digunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Dan pada tahun 2009, akhirnya Unity meluncurkan produk mereka secara gratis. Dengan digratiskannya produk mereka jumlah developer yang mendaftar pun melonjak drastis!!. Pada bulan April 2012, Unity pun mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer yang menggunakan produk mereka. Dengan kemampuan mereka yang dapat melihat berbagai peluang dan perubahan, akhirnya Unity pun menjadi sebagai game engine termurah yang paling banyak digunakan oleh para developer game di dunia!! Wow!! 

         Dan dengan demikian Unity pun dapat merubah dunia perindustrian dalam industri game, dengan segala fitur dan kegunaannya Game Engine ini menjadi salah satu game engine yang paling banyak digunakan oleh developer, apalagi dengan digratiskannya produk mereka, tidak heran bahwa pengguna Unity engine ini semakin banyak, dan bagi para mahasiswa atau pelajar yang mau mencoba membuat game dan menjadi seorang game developer, Unity 3D Game Engin ini sangat disarankan untuk mereka  ^-^)b 


Fitur - fitur Unity Game Engine 


Dimana ada suatu software pasti disana terdapat berbagai fitur - fitur menarik yang juga dapat memudah perkerjaan jika menggunakan software tersebut, Unity game enginge sendiri memiliki fitur - fitur yang menarik, yaitu :

1.)  Rendering
      Untuk renderingnya sendiri Unity 3D menggunakan Direcct3D, OpenGL, OpenGL ES, dan proprietary APIs untuk graphics enginenya. Dari graphics engine yang telah disebut, maka dari itu kita dapat membuat berbagai macam game, baik untuk PC, Console, ataupun smartphone. Selain itu Unity 3D juga dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Adobe Photoshop, Blender, Cinema 4D, dll. Sungguh menarik bukan.

2.)  Scripting
      Dalam membuat game tidak luput dari yang namanya mengcoding, didalam Unity 3D kita dapat menggunakan UnityScript sebagai bahasa yang akan kita gunakan untuk menyusun script gamenya, UnityScript sendiri terinspirasi dari ECMAScript, dan kita juga dapat menggunakan bahasa C# dan Boo.

3.)  Asset Tracking
      Unity juga menyertakan Server Unity Asset, Server Unity Asset sendiri adalah sebuah solusi terkontrol untuk developer game asset dan script. Karena adanya fitur ini mungkin akan jadi lebih memudahkan pekerjaan para developer game asset dan script
     
4.)  Platforms
      Seperti yang sudah diketahui, Unity 3D dapat membuat game untuk berbagai macam platforms. Dari fitur ini kita memiliki kontrol untuk mengirim game yang telah kita buat ke berbagai platforms, seperti smartphone, WebBrowser, PC, dan Console.

5.)  Asset Store
      Disini kita dapat mendapatkan berbagai macam asset tambahan, seperti textures and materials, particle, music dan efek suara, tutorial dan project, dll

6.)  Physics
      Untuk yang sering bermain game pasti tidak asing lagi dengan kata tersebut. Ya! Betul!! Unity 3D menggunakan PhysX dari Nvidia untuk Physics enginenya, hebat bukan. Tentu saja dengan menggukan engine tersebut akan membuat kualitas gambar menjadi lebih bagus.

Dan berikut adalah Interface dari Unity :


 


Source *^*)b :
http://blogtutorial-unity.blogspot.co.id/2012/11/sejarah-unity.html
http://toptipstv.blogspot.co.id/2015/03/unity-3d-game-engine.html


 

7 komentar:

Next Prev
▲Top▲